Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf dan Dana Sosial) Amanah dan Profesional

Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf dan Dana Sosial) Amanah dan Profesional


 Lembaga ZISWAF adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam mengelola zakat, infak, sedekah, wakaf, dan dana sosial lainnya. Lembaga ZISWAF Amanah dan Profesional, lembaga ini berfungsi sebagai amanah dan profesional dalam mengelola dana umat secara transparan dan efisien. 

Pada tanggal 21 November 2001, Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) didirikan. Kemudian, pada tahun 2022, yayasan tersebut secara resmi mengubah logo dan nama menjadi Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat). Perubahan ini dilakukan untuk memperkuat kemitraan dengan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk sebagai mitra strategis. Tujuan utama BSI Maslahat adalah mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf) serta donasi sosial dan Corporate Social Responsibility (CSR) dari muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan.

Dalam pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat memiliki program yang didasarkan pada prinsip untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik. Tujuan utamanya adalah memberikan kesempatan kepada mustahik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan mampu bersaing dalam meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik. Dengan pendekatan ini, BSI Maslahat berupaya memberikan dukungan yang holistik dan berkelanjutan kepada mustahik, melalui program-program yang melibatkan pelatihan, pendidikan, bantuan modal, pengembangan keterampilan, dan dukungan lainnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi mustahik untuk mandiri secara ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf dan Dana Sosial). Lembaga Pengelola ZISWAF adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam mengelola dana ZISWAF, yang meliputi zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, dan dana sosial lainnya. Tujuan utama lembaga ini adalah menghimpun dan mengelola dana tersebut secara efisien, transparan, dan profesional untuk disalurkan kepada yang berhak menerima (ashnaf) seperti fakir miskin, kaum dhuafa, janda/orang tua terlantar, anak yatim/piatu, dan lain sebagainya. Lembaga Pengelola ZISWAF juga memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat melalui program-program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya, guna meningkatkan kualitas hidup dan membangun kesejahteraan umat secara holistik.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yan ingin didonasikan.

0 Comments