WA 081210999347 Paket Liburan Bintan Lagoi bintan trip groupon

WA 081210999347 Paket Liburan Bintan Lagoi bintan trip groupon


WA 081210999347 Paket Liburan Bintan Lagoi  bintan trip groupon


Kami merupakan sebuah perusahaan Biro Perjalanan Liburan yang legal terletak di Pulau Batam, Kota Batam – Kepri, Indonesia.

Visit Kepri – Kepri Promotion merupakan nama branding kami. Kami sudah beroperasi mulai tahun 2011. Segala staff kami sungguh-sungguh professional dalam komponen masing masing, mulai dari staff di kantor sampai staff yang beroperasi di lapangan seperti Tour Planner, Ticketing, Supir, dan Guide/Pemandu Liburan.

Kami sungguh-sungguh selektif dalam perekrutan karyawan dari permulaan interview sampai selama mereka berprofesi. Ini seluruh bertujuan untuk anda Pelanggan sejati kami yang kami cintai, sehingga seluruh pelayanan yang kami berikan mulai dari pengorderan, konfirmasi, sampai perjalanan wisata anda selesai akan kami pastikan cocok standard yang sudah kami buat.

Maksud dan tujuan kami merupakan memberikan pelayanan TERBAIK terhadap konsumen / User sehingga anda berpuas hati, menyenangkan, dan akan kembali bersama kami lagi untuk wisata selanjutnya.

baca juga : Travel Kepri

Apakah kau termasuk orang yang menyukai traveling? Bagi kau yang hobi traveling, mungkin tak akan asing dengan yang namanya Pulau Bintan. Pulau yang berdekatan dengan Singapura ini, yakni pulau terbesar yang berlokasi di Kepulauan Riau. Yang terdiri dari 3000 pulau besar dan kecil. Bintan tak cuma mempunyai banyak pulau, melainkan juga mempunyai estetika alam yang luar lazim.

Dikala kalian mendengar kata Bintan, mungkin kalian akan berdaya upaya bahwa disana terdapat sebagian resort yang menarik untuk di kunjungi. Jangan salah guys, panorama alam disana tak keok hebat dengan panorama di Bali, Lombok maupun Batam. Jikalau kalian berminat ini ia 35 destinasy liburan menarik Bintan yang seharusnya kau kenal.

baca juga : paket bintan

Resort Bintan

Bintan memang cocok dijuluki sebagai permata tersembunyi di barat Indonesia. Pulau ini tak banyak diketahui traveler dalam negeri melainkan keindahannya membisu-membisu mencuri perhatian pelancong dunia. Tengok saja alangkah banyaknya hotel di Bintan yang beroperasi di pulau terbesar dari provinsi Kepulauan Riau ini.

Beberapa besar dari kita mungkin tak akan mengira seandainya di barat Indonesia, terdapat tujuan liburan yang mewahnya sanggup menyaingi pulau Bali. Pulau Bintan, sebuah pulau yang bertetangga dengan Malaysia dan Singapura memang cocok menjadi destinasi tamasya bertaraf internasional. Wilayah ini kapabel berkompetisi dengan resort-resort mewah di negara tetangga.

Inilah 10 resort yang bakal bikin liburanmu di Pulau Bintan menjadi semakin mewah.

open trip bintan

1. Treasure Bay

Salah satu wilayah berkumpulnya resort berbintang di Pulau Bintan yakni berada di wilayah Lagoi Bay. Treasure Bay salah satunya, sebuah resort mewah yang berambisi mewujudkan wilayah tamasya Lagoi bukan sekadar daerah berwisata buat pelancong. Perusahaan yang mempunyai resort ini ternyata berprofesi sama dengan Canyon Ranch, pengelola resort spa kelas dunia yang berasal dari Amerika.

Resort Treasure Bay berada di tepi pantai yang secara otomatis panorama eksotis akan menjadi suguhan utama bagi tetamu yang menginap di sana. Pihak pengelola tahu betul seandainya Pulau Bintan mempunyai prospek yang amat baik dan tak mungkin untuk dihasilkan sebagai Bali kedua yang artinya akan menjadi salah satu sentra pariwisata di Indonesia.

Lokasi : Wilayah Pariwisata, Jl. Raja Haji KM 01, Teluk Sebong, Lagoi, Sebong Lagoi, Bintan

one day trip bintan

2. Club Med Bintan

Club Met Bintan juga berada di wilayah Lagoi Bay dan sudah menjelma sebagai salah satu resort yang memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para tamunya. Resort ini berada di lokasi yang strategis dan gampang diakses dari berjenis-jenis tempat. Kebanyakan tetamu yang datang ke resor ini berasal dari negara tetangga Singapura.

Pelancong dari Singapura datang memakai kapal feri Katamaran dengan mencapai waktu selama 55 menit dari Terminal Feri Tanah Merah Singapura. Buat traveler dalam negeri dapat mengakses daerah ini dari kota Tanjungpinang melalui perjalanan darat selama 1 jam. Di samping Club Met Bintan terdapat lapangan golf eksklusif dan salah satu yang terbaik di Asia bernama Ria Bintan Golf Club.

Lokasi : Jalan Perigi Raya Lot A11, Lagoi Bintan Utara, Teluk Sebong, Sebong Lagoi, Bintan

biaya liburan ke bintan

3. Nirwana Garden Resort

Siapa bilang tamasya di Pulau Bintan akan terasa jauh berbeda dengan Bali? Buat kau yang terlanjur cinta dengan Pulau Dewata, dapat memilih Nirwana Garden Resort sebagai daerah menginap sekalian berwisata. Resort ini berlokasi di wilayah Lagoi Bay dan punya nuansa Bali yang amat kental.

Nuansa Bali lantas terasa ketika traveler masuk dalam lobby utama, dekorasi interiornya memang mengadopsi rasa Pulau Dewata. Di lobby ini pula acap kali dipentaskan tarian nasional komplit dengan tabuhan gamelan yang cantik. Sesudah itu traveler dapat jalan-jalan keliling resort merasakan cantiknya pantai, mencicipi aneka permainan di gelanggang outbond, sampai merasakan aneka hidangan penggugah selera di kafe apung bernama Kelong Restaurant.

Lokasi : JL. Panglima Pantar, Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Sebong Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

paket wisata murah ke bintan dari batam

4. Swiss-Belhotel Lagoi Bay Resort

Masih menempati wilayah Lagoi Bay, Swiss-Belhotel Lagoi Bay Resort yakni salah satu resort alternatif yang nyaman untuk dipakai sebagai tujuan bertamasya. Panorama laut menjadi suguhan utama bagi tetamu yang menginap di resort ini.

Swiss-Belhotel Lagoi Bay Resort ini terletak betul-betul dekat dengan Singapura dan dapat dijangkau dengan kapal feri selama 45 menit dari Singapura dan 15 menit dari Terminal Feri Bandar Bentan Telani. Hotel bintang 4 ini berdiri megah di samping Plaza Lagoi Mall dan berada di tengah-tengah sentra masakan di Pulau Bintan. Daerah yang pas untuk tamasya mewah di pulau ini.

Lokasi : Grand Lagoi, Jl. Gurindam Duabelas, Plot 27 & 29, Lagoi Bay, Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

paket wisata pulau bintan dari batam

5. Loola Adventure Resort

Wisata di Pulau Bintan tak komplit apabila tak mengunjungi Loola Adventure Resort. Pasalnya ini merupakan salah satu resort mewah dan paling top di pulau ini malah kualitasnya diakui oleh dunia dengan gelar yang mereka sabet di gelanggang World Travel Market 2015 di London pada bulan November 2015 lalu. Jika acara itu Loola Adventure Resort menjadi kampiun awam dalam World Responsible Tourism Awards 2015.

Gelar ini tentu bukan gelar medioker, pasalnya pengevaluasiannya dijalankan oleh 12 tokoh pariwisata dunia. Jika cara kerjanya Loola Adventure Resort menaklukkan 37 finalis lainnya dari beragam negara. Seperti dikutip dari Potret Bintan, responsible tourism yakni pariwisata yang merujuk pada kepentingan dan kelangsungan hidup alam dan masyarakat setempat bagus dari segi sosial kebiasaan, keamanan, ketertiban dan manfaat ekonomi. Asal kalian tahu hampir seluruh karyawan resort ini direkrut dari masyarakat Bintan lho.

Lokasi : Kp. Galang Batang, Gunung Kijang,Bintan

biaya liburah murah ke bintan

6. Banyan Tree Resort

Banyan Tree Resort yaitu salah satu resort yang berlokasi di wilayah Tree Resort dimana di wilayah hal yang demikian juga ada Angsana Resort & Spa Bintan. Nama sah dari resort ini ialah Banyan Tree Resort and Spa Villa dan perusahaan indukya tak cuma punya penginapan mewah di Bintan saja tetapi juga ada di China, Korea, Maldives, Mexico, Vietnam, Thailand dan berjenis-jenis negara lain.

Merasakan di Indonesia kecuali di Bintan, Banyan Tree Resort juga hadir di Pulau Dewata. Disamping punya penginapan yang pastinya nyaman, resor ini juga punya kolam renang yang menghadap ke laut di Lagoi Bay. Panorama dari taman dan kolam renang resort ini sungguh luar lazim.

Lokasi : Jalan Teluk Berembang, Laguna Bintan Resort, Lagoi, Sebong Lagoi, Bintan

tour and travel pulau bintan

7. Resort The Canopy

Tak nuansa pedesaan yang hening dengan fasilitas yang komplit dan cozy dapat traveler dapatkan di Resort The Canopy. Penginapan di daerah ini didesain seperti cottage yang unik berdesain retro layaknya kehidupan orang Eropa di abad pertengahan.

fasilitas hal yang demikian masih dilengkapi dengan pantai buatan yang terhubung segera ke pantai utama di ujungnya. Seluruh cottage juga mempunyai perlengkapan jacuzzi, jadi seusai berenang di pantai traveler dapat lantas bersantai dan berendam di kolam ini.

Lokasi : Jl. Raya Haji Sebong, Lagoi, Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

backpacker ke pulau bintan

8. Angsana Resort dan Spa Bintan

Angsana Resort dan Spa Bintan bertempat di sebuah teluk terpencil di ujung barat laut Pulau Bintan yang amat gampang diakses oleh pelancong dari Singapura. Lokasinya heran bila kebanyakan tetamu yang menginap di resort ini berasal dari Singapura dan pelancong asing dari negara lain. Dari resort ini terhampar luas panorama dari Selat Tanjong yang dihiasi oleh nyiur di pesisirnya.

Angsana Resort dan Spa Bintan adalah salah satu resort mewah terbaik di Pulau Bintan dan menjadi jujugan utama para wisatawan dari beragam tempat sebab letaknya yang strategis. Yakni fasilitas mewah yang tersedia siap memanjakan tetamu yang menginap di resort hal yang demikian.

Lokasi : Jalan Teluk Berembang, Laguna Bintan

tour bintan murah

9. Ria Bintan Golf Lodge

Sebab amat strategis dari sejumlah objek tamasya serta landmark populer Pulau Bintan. Semua Ria Bintan Golf Lodge, resort mewah yang punya fasilitas komplit yang membikin tamunya betah tinggal lama di sana. Fasilitas seperti Wi-Fi cuma-cuma di seluruh kamar, layanan taksi, Wi-fi di daerah awam, daerah parkir kendaraan beroda empat, dan fasilitas pertemuan menetapkan semua keperluan tetamu terpenuhi.

Ria Bintan Golf Lodge juga mempunyai properti lapangan golf yang dapat diaplikasikan para tetamu. Ada juga daerah spa untuk berelaksasi dan banyak lagi fasilitas lainnya. Resort ini hadir memang untuk memenuhi keperluan akomodasi yang serba guna bagi traveler.

Lokasi : Jl Perigi Raja. Lagoi, Bintan Resorts, Bintan Utara, Kepulauan Riau

paket tour ke lagoi

10. Bintan Sayang Resort

Bintan Sayang Resort berlokasi di Kampung Pasir 1, Desa Sebong Pereh, Kecamatan Teluksebong. resort ini menawarkan pengalaman mengamati sunrise dan sunset yang menawan di satu lokasi yang sama. Kamu letaknya yang unik inilah traveler tak perlu beranjak ke daerah lain untuk memandang fenomena alam keren hal yang demikian.

Fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh Bintan Sayang Resort antara lain kolam renang yang mewah, karaoke, banana boat, daerah olahraga voli, flying fox, penyelaman, sampai pemancingan ikan. Khusus kolam pemancingan yang dimiliki resort ini amat unik sebab spotnya menyatu dengan laut lepas sehingga ikan yang ada jenisnya berjenis-jenis.

Lokasi : Sebong Pereh, Teluk Sebong, Bintan

paket wisata treasure bay bintan

11. Sancaya Resort

Sancaya juga masuk dalam anjuran hotel di Bintan yang keren. Untuk hingga di daerah ini dan merasakan semua fasilitasnya, kau cukup mencapai perjalanan selama 10 menit dari Terminal Feri BBT. Ada banyak tawaran yang akan membikin kau puas dan nyaman. Bukan cuma seperti penginapan, tetapi juga destinasi tamasya yang mantap. wilayahnya dijangkau oleh wi-fi, komplit dengan kolam renang outdoor.

Fasilitas juga komplit, berapa lama malah kau di sini, tak akan pernah bosan. dapat bersantai, kemudian merasakan masakan yang bermacam-macam serta nikmat. Sancaya juga dekat dengan sebagian titik wisata andalan Bintan.

Lokasi : Jalan Gurindam Duabelas, Plot 5, Lagoi Bay, Sebong Lagoi, Bintan

baca juga : pesona kepri

Bukit Pasir Busung di Bintan

Bukit Pasir Busung di Bintan mendadak hits di kalangan instagramers, terutamanya buah hati-si kecil muda Kepulauan Riau. Apabila kau lewat Desa Busung di jalan lintas Tanjungpinang-Bintan, kau akan menemukan sebuah bukit pasir yang posisinya berada di sebelah kiri jalan menuju Bintan. Sesungguhnya belum ada nama khusus untuk bukit pasir hal yang demikian. Cuma saja warga setempat menyebut Bukit Pasir Desa Busung.

Dahulu, Bukit Pasir Busung ini yaitu bekas penambangan bauksit yang aktif malah diekpor keluar negeri. Tetapi, kesudahannya tambang pasir dihentikan oleh tempat setempat. Kemudian daerah hal yang demikian tak diaplikasikan lagi dan dibolehkan semacam itu saja sampai walhasil terwujud menjadi gundukan gundukan yang menarik layaknya gurun pasir.

Sebab tak ada lagi kesibukan tambang dan tempatnya terbuka di tepi jalan, tidak jarang menarik perhatian pejalan atau didatangi orang. Sayangnya belum dimanfaatkan seperti itu bagus sebagai daerah liburan.

Meski lazim, daerah yang semula lazim ini dapat jadi luar umum dikala fotonya bermunculan di Instagram. Peran media sosial dapat menolong untuk membikin daerah hal yang demikian jadi hits dikalangan buah hati muda pecinta traveling sehingga mendatangkan banyak pengunjung yang penasaran dengan keunikan bukit pasari di Desa Busung. Namun terwujud dari hasil tambang. Melainkan, konsisten menyuguhkan sesuatu bagi para pengunjung, merupakan panorama.

Bukit Pasir menonjol cukup luas. Dari kejauhan memang nampak seperti gundukan bukit pasir halus. Melainkan, sekiranya lebih mendekat terbukti kerikil-kerikil nampak sedikit kasar. Warnanya menguning. Pada dikala terik, warna pasirnya lebih merona.

Keindahan di gundukan pasir, cukup aman untuk berjalan ke sana-sini, juga mendaki dan menuruni bukit. Material pasir yang kasar tak membikin mudah terpeleset. Bagusnya yang diberi Bukit Pasir ini merupakan relief yang disusun dari bekas tambang hal yang demikian. Seolah-olah seperti di padang pasir yang luas. Pokoknya ini sesuai banget buat ngisi postingan di instagram kau.

Bukit Pasir Busung dikelilingi oleh pohon-pohon dan semak yang tak semacam itu tinggi. Di sebagian daerah juga nampak tumbuh rerumputan seperti alang-alang-alang-alang kering. Lokasinya datang pada ketika pagi atau petang sebab pada waktu siang akan terasa panas di Bukit Pasir. Apalagi susah menemukan kios yang berjualan makanan dan minuman di sekitar tempat itu seandainya merasa lapar atau haus di siang terik.

Untuk berkunjung ke Bukit Pasir Desa Busung datanglah mengaplikasikan kendaraan pribadi sebab belum ada transportasi biasa untuk ke sini. Apabila tak susah sebab berada persis dipinggir jalan. dari kota Tanjungpinang kurang lebih 47 km atau sekitar 40-60 menit. Nah, Buat kau yang berharap mempunyai foto unik dengan background gurun pasir ala-ala, kau dapat berkunjung ke sini.

baca juga : tour kepri

Danau Biru Bintan

BINTAN memang sedang gencar-gencarnya memajukan pariwisata. Kecuali daerah tamasya yang telah mainstream seperti Lagoi, ada sebagian daerah baru yang dapat dikunjungi, di antaranya Danau Biru.

Di Bintan, memang mempunyai sebagian danau biru yang ialah bekas galian dari tambang pasir darat. Setidaknya ada tiga danau biru yang telah dikelola dengan bagus dan menjadi tujuan tamasya yaitu yang ada di Desa Busung, danau biru di Desa Kawal, dan danau biru di desa Lepan.

Apa yang dapat dikerjakan pelancong di Danau Biru Lepan? Tentu saja daerah ini dapat diwujudkan titik foto yang kece. Di sebagian sudut di danau ini telah dijadikan sedemikian rupa supaya foto para pengunjung nampak keren.

Apalagi sekarang zamannya sosial media, tiap-tiap orang mau menonjolkan foto yang optimal di akun Media, seperti Instagram.

Di sini, telah dijadikan sebagian pelantar kayu bernuasa romantis menuju tengah danau. Malahan, di ujung pelantar yang terbuat dari kayu hal yang demikian, terdapat pelantar berbentuk hati atau love.

Sebelum hingga di ujung, ada sebuah gerbang berwarna merah yang juga bertanda hati. Pokoknya, apabila berfoto di titik hal yang demikian kau kesan romantis akan betul-betul terasa, apalagi seandainya berfoto bareng pasangan tercinta.

Tidak cuma itu, ketika pengunjung penat berfoto di pelantar berbentuk hati itu, dapat mendayung sampan mengarungi danau biru.

Ketika bersampan, jangan lupa untuk singgah di rumah pohon di tepi danau. Di sini, kau dapat memandang danau secara utuh dari ketinggian di atas rumah pohon.

Kenapa Danau Biru?

Danau danau itu tercipta lantaran sebelumnya sebagian tempat di Bintan ini dihasilkan daerah penambangan pasir.

Sesudah penambangan pasir selesai, lalu meninggalkan kubangan besar dan lama-kelamaan terisi air hujan sehingga menjadi genangan dalam jumlah besar, menyerupai waduk.

Warna biru dari danau hal yang demikian tercipta sebab dasar danau yang terdiri dari pasir dan lumpur berwarna putih, ditambah airnya yang bening. Sehingga, dikala langit cemerlang, permukaannya akan memantulkan warna biru dari langit.

Sebagian genangan ada yang berukuran besar berbentuk danau sehingga orang-orang menyebutnya dengan danau biru. (*)

Menyeberang Naik Pokcay

Ada dua sistem untuk menempuh Danau Biru Desa Lepan. Pertama, lewat jalan lintas barat Tanjunguban – Tanjungpinang. Kedua melewati Desa Sungai Jeram Teluk Sebong.

Tetapi jalan lintas barat adalah paling gampang dan dapat dilewati segala kedaraan bagus motor ataupun kendaraan beroda empat.

Melainkan, pengunjung mesti menyeberang sungai dengan mengaplikasikan penyebrangan kayu yang diketahui dengan nama pokcay.

Sesudah berkendara dari Tanjunguban sejauh kurang lebih 10 kilometer melalui lintas barat, kau akan menemui persimpangan Desa Lepan. Jalan menuju desa ini belum diaspal atau dengan kata lain masih jalan tanah dan berpasir.

Di ujung jalan kau mesti menyeberang sungai dengan pokcay. Satu pokcay cakap membawa sebuah kendaraan beroda empat dan sebagian kendaraan roda dua beserta penumpang.

Sesudah hingga di seberang, terus saja ikuti jalan kampung dan kau akan mendapati danau biru yang tak seperti itu jauh.

Danau biru ialah salah satu sebutan untuk sebuah daerah yang tepatnya berada di desa galang batang, kawal, km 27, tanjung pinang.

Dimana sebenenarnya daerah ini dulunya merupakan sebuah galian pasis pertambangan yang dikerjakan oleh segelintir orang.

Penggaliannya sendiri dilaksanakan dengan mengaplikasikan alat berat\"COBECO\", dimana pelaksanaan pengambilan pasirnya dijalankan secara berkesinambungan, yang menyebabkan walhasil kawasan ini menjadi sebuah lubang besar dan cukup luas, sehingga airnya bahkan menonjol betul-betul biru sekali, berdasarkan penelitian seorang spesialis diceritakan bahwa hal ini terjadi sebab tanah tempat itu ialah tanah liat, dan digali benar-benar dalam sehingga pancarannya akan mewujudkan pantulan berwarna biru.

Banyak sekali hal-hal yang sudah terjadi di danau ini, percaya atau tak sudah merenggut banyak korban sirna secara misterius.

Entah apa penyebabnya, mitosnya tempat ini dulunya ialah kandangnya Jin dan setan, melainkan sebab ulah manusia merusak tempatnya dengan membikin pertambangan liar, karenanya akibatnya penghuninya malahan mengamuk, sehingga banyak warga yang sudah menyaksikan penampakan-penampakan sesosok makhluk gaib berparas wanita indah yang mereka namai \"RATU BIRU\".
Itulah mitosnya, namun anda tak dipaksa untuk percaya semacam itu saja, namun bagaimanapun juga itulah yang ada.

Daerah ini juga ialah daerah buah hati-si kecil muda pacaran,sehingga ada sebagian diantara mereka melaksanakan relasi perzinaan didaerah ini, dan cukup banyak, dan banyak diantara mereka kesurupan sesudah menjalankan relasi badan disekitar danau ini yang kalau malam tidak ada setitik cahayapun,yang ada cuma semak-semak belukar yang memutarinya.

 

baca juga : paket tour ke lagoi

 

Danau Bloreng

Bloreng yaitu sebuah danau yang berlokasi di Kabupaten Bintan, Kecamatan Teluk Bintan, Kelurahan tembeling Tanjung. Danau Bloreng ialah sebuah danau yang dulunya ialah sisa-sisa dari timbunan boxit yang dijalankan oleh sebagian pihak yang mempunyai kepentingan tapi kini tellah menjadi PDAM masyarakat sekitar. Bloreng adalah danau yang mempunyai panorama amat cantik dan menakjubkan yang cuma ada di kelurahan Tembeling Tanjung. Sedangkan Bloreng mempunyai estetika alam yang luar lazim, akan melainkan estetika yang terdapat di Bloreng belum terekspos dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luar ataupun masyarakat yang ada di tembeling tanjung itu sendiri. Panorama yang terdapat di Bloreng tak cuma memanjakan mata kita akan melainkan udara yang bersih bahkan dapat kita peroleh disana, tak seperti halnya di kota-kota. Panorama yang menyegarkan serta daerah yang natural adalah suatu obyek yang bisa diwujudkan salah satu opsi bagi pelancong yang menyukai melaksanakan travelling dan mempunyai jiwa sebagai pecinta alam. Bloreng ialah salah satu alternatif yang ideal untuk dibuat ekowisata bagi pengunjung yang mau mencari suasana baru. bila kalian mau kesana karenanya kalian dapat meniru arah jalan masuk kekampung bloreng. Kaprah-kaprah kurang lebih 200 meter karenanya kalian akan menjumpai danau bloreng atau PDAM masyarakat bloreng. Memang tempatnya sedikit susah untuk dicari sebab lokasinya yang tersembunyi di tebing-tebing. Disini kita lebih dimanjakan dengan panorama danau yang amat menakjubkan, amat memikat dan benar-benar cantik untuk dirasakan.

Pelabuhan Tembeling Tanjung

Bagi kalian yang menyukai atau hobi dalam berfoto karenanya daerah ini dapat diwujudkan salah satu daerah untuk berfoto atau berselfie loh sahabat. Pelabuhan tembeling tanjung mempunyai lokasi yang baik untuk kalian berfoto atau berselfie sebab mempunyai view dimana kalian akan di suguhi oleh hamparan laut luas dan juga estetika gunung bintan dari kejauhan. Tak susah untuk menemukan lokasi pelabuhan ini, kalian jalan saja terus meniru jalan Tok Sadek. Nanti sekiranya kalian telah menemukan rumah-rumah yang ada didaerah pesisir karenanya kalian tinggal bertanya dengan warga yang ada disana seandainya kalian tersesat, atau sekiranya kalian telah menemukan deretan rumah yang berada di tempat pesisir karenanya kalian dapat segera jalan menuju plantar-plantar yang berada disamping rumah para warga, karenanya kalian akan hingga tujuan ke pelabuhan tembeling tanjung. Ingat awasi langkah kalian ya apabila berharap berkunjung kesana yah sebab seandainya kita berhati-hati dalam berjalan akan jauh lebih bagus sahabat. Ini beberapa foto-foto yang kami abadikan ketika berada di pelabuhan tembeling tanjung. Betapa pantasnya kalau d pelabuhan ini disokong dengan obyek pendorong lainnya seperti umpamanya dibangun restaurant apung atau rumah makan apung yang ada ditengah-tengah laut, karna dipelabuhan ini telah disokong dengan panorama yang bisa memanjakan mata apalagi kalau datang di dikala petang dan mengamati sunset. hal ini bisa diwujudkan peristiwa yang menyenangkan bersama keluarga ataupun orang yang disayang.

Keter Laut

Sebelumnya pasti kalian belum taukan nama-nama desa yang ada disini, di kelurahan tembeling tanjung ada beraneka-jenis nama desa seperti bengku, bloreng, guntung, keter (tengah dan laut), mansyur (besar dan kecik), dan terakhir desa tembeling tanjung. Nah sesudah kalian tau nama-nama desa yang ada di kelurahan tembeling tanjung karenanya kita lanjut aja ke destinasi tamasya yang kalian perlu tau kawan. Daerah kedua ini berada di keter laut, untuk ke keter laut karenanya kita sepatutnya masuk kearah kampung mansyur dan kampung bloreng. Nah disitu kalian ambil kearah kiri, kemudian kalian ikuti jalan aspal yang ada. Sesudah berjalan kaprah-kaprah lebih kurang lebih 100 meter karenanya kalian akan mengamati nama jalan “KETER TENGAH”. Lalu kalian dapat mencontoh jalan hal yang demikian dan kaprah-kaprah 50 meter dari nama jalan hal yang demikian kalian akan menjumpai nama jalan “KETER LAUT”. Apabila kalian telah menjumpai nama jalannya, kalian tinggal ikuti saja, tak terlalu jauh dari jalan masuk kalian akan menjumpai jembatan yang mengaitkan daratan ke hutan bakau yang kami maksud. Ayo dong buruan kunjungi dan mulai menjelajah ya sahabat, bila kurang terang dengan deskripsi yang kami berikan dapat segera tinjau letaknya dijamin kalian akan lebih gampang mencarinya sebab telah terpampang terang nama jalannya maupun kalian dapat bertanya dengan warga yang disana sekaligus bersilaturahmi sahabat. kecuali bisa diwujudkan sebagai obyek tamasya, mangrove juga bisa diambil manfaatnya seperti halnya dibuat dodol. sehingga mengapa mangrove perlu dilestarikan karna sesungguhnya mangrove mempunyai manfaat yang cukup besar.

 

baca juga : paket wisata treasure bintan

 

Bukit Panglong Kijang

Bekas Zona Tambang yang Jadi Daerah Rekreasi.

Telah banyak teladan bekas zona tambang yang bermetamorfosa menjadi daerah tamasya keren. Sebagai model di pulau Jawa ada Brown Canyon di perbatasan Semarang, Bukit Jaddih di Madura dan masih banyak lagi. Fenomena seperti ini rupanya juga ditemui di luar pulau Jawa tepatnya di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Warga Bintan mengetahui daerah ini sebagai Bukit Panglong. Warga absah kabupaten Bintan tentu pernah mengamati bahwa wilayah ini dulunya yaitu sebuah bukit yang cukup tinggi di daerahnya. Bukit hal yang demikian menaruh sumber kekuatan berupa batu granit yang melimpah.

Sampai suatu hari, batuan granit di Bukit Panglong mulai di eksplorasi oleh PT Bukit Panglong. Bukit granit di wilayah Kijang hal yang demikian terus dieksploitasi dengan metode pengerukan sampai di bom. Dalam kurun waktu yang lama bukit hal yang demikian berubah menjadi sebuah kawah dengan kedalaman sampai 50 meter.

Kawah hal yang demikian kemudian terisi oleh air yang berasal dari hujan dan juga sumber air tanah. Alih-alih dekil dan keruh, air yang mengisi lubang bekas galian tambang hal yang demikian pun terlihat bening dan bersih. Dikala cuaca cemerlang pun airnya akan menonjol berwarna biru. Meskipun inilah yang membikin tempat Bukit Panglong menjadi eksis di kalangan traveler.

Traveler yang didominasi buah hati muda memang menyenangi dengan daerah-daerah baru. Wilayah statusnya bukan objek tamasya komersil melainkan Bukit Panglong dengan telaga birunya ini menjadi daerah rekreasi yang mengasyikkan apalagi pengunjung yang datang tak dipungut tarif plus memperoleh bonus panorama yang keren.

Pemerintah Kabupaten Bintan malah ikut menyadari potensi yang ada di Bukit Panglong. Mereka tak cuma memperhatikan dari sisi ekonomis saja melainkan juga memandangnya sebagai aset besar untuk dipakai sebagai sumber air bersih warga Bintan. Penelitian seputar kepantasan air di danau ini malah tengah dilaksanakan dan tak mungkin suatu hari nanti Bukit Panglong akan berubah menjadi wilayah tamasya terpadu. Pernah berkunjung ke Bukit Panglong?

 

baca juga : paket tour bintan 2018

 

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Wisata di Tanjungpinang Serasa di China

Metode paling sederhana dan murah untuk menikmati tamasya di China merupakan dengan mengunjungi wilayah pecinan, klenteng atau vihara yang ada di kota masing-masing. Mujur bila kau sedang tamasya ke Tanjungpinang di sana ada vihara megah yang dapat dikunjungi bagus untuk tamasya religi atau berburu obyek fotografi.

Yakni Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, rumah ibadah etnis Tionghoa dan penganut agama Buddha di Tanjungpinang. Vihara ini dibangun pada tahun 2010 dengan arsitektur yang unik dilengkapi dengan patung-patung murid Buddha yang disebut dengan Arahat dalam bermacam ekspresi wajah.

Sebagian sumber menceritakan jumlah keseluruhan patung hal yang demikian menempuh seribu buah meskipun sumber lainnya cuma menceritakan jumlahnya sekitar 500-an. Untuk membuatnya sederhana dalam penyebutan, rumit patung hal yang demikian disebut dengan “Patung 1000 Wajah.”

Patung-patung yang berada di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva diwujudkan dalam bermacam-macam ukuran. Mulai dari tinggi 1,7 meter sampai 2 meter. Traveler dari bermacam-macam tempat malah dapat berkunjung ke vihara ini bagus dengan tujuan beribadah ataupun untuk sekadar rekreasi karena vihara ini memang dibuka untuk lazim.

Waktu terbaik mengunjungi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva ialah ketika bertepatan dengan perayaan Imlek. Dikala itu daerah ini akan ramai dikunjungi oleh pelancong dan juga jemaah yang akan melangsungkan ibadah dan ziarah. Letaknya yang dibangun di atas bukit memungkinkan pengunjung untuk merasakan panorama Gunung Lengkuas, hamparan perkebunan sayur dan buah yang berada di sekeliling vihara.

Bagi yang berminat untuk berkunjung ke vihara ini dapat segera meluncur ke domisili Km 14 arah Kijang, kota Tanjungpinang. Letaknya tak susah ditemukan dan cuma berjarak 10 menit perjalanan dari bandar udara Raja Ali Haji Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Dijamin koleksi fotomu akan kian ciamik ketika datang ke vihara ini.

 

baca juga : biaya liburan ke pulau bintan

 

Rumah Arang Bintan

Igloo misterius dari batu bata: Rumah Arang

Beneran ada igloo di Indonesia? Ya, memang kedengarannya aneh, tetapi Anda dapat menemukan igloo di Bintan! Memang sih tak terbuat dari es, tetapi formatnya sama persis kok.
Bangunan-bangunan berbentuk dome ini dulunya yakni dapur tungku milik warga Suku Laut, sebelum mangkrak sejak pengerjaan pembakaran bakau untuk membikin arang dilarang.

Sekarang, kubah yang terbuat dari batu bata ini menjadi sebuah objek yang menarik perhatian para pelancong.
Coba deh berfoto di antara bangunan-bangunan unik ini, pasti sahabat-sahabat Anda akan penasaran dibuatnya dan mencoba menerka-nerka apakah gerangan itu hakekatnya.

Kampung Panglong yakni sebuah kampung tamasya yang berada di Kabupaten Bintan, di kampung ini terdapat dapur arang yang unik serta ialah daerah tinggal bagi suku laut yang diketahui pakar dalam bertahan dilautan, menangkap ikan, serta kapabel bertahan hidup diganasnya samudra.

Kampung Panglong, Kampung Tamasya Daerah Tinggal Suku Laut

Hamparan pantai eksotis, serta resort-resort mewah menjadi magnet utama Pulau Bintan yang kapabel menarik pelancong lokal sampai mancanegara. Tidak cuma mempunyai pesona alam yang cantik, Bintan masih menaruh banyak sekali daerah tamasya yang unik serta menarik untuk dikunjungi. Daerah ini yakni Kampung Panglong yang menjadi obyek liburan kultur di Bintan.

Kampung Panglong yaitu sebuah pemukiman yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Tetapi bedanya, kampung ini mempunyai sebagian bangunan unik yakni dapur arang yang berbentuk seperti dome layaknya rumah suku eskimo. Kecuali itu, para pelaut yang berdomisili didesa ini juga diketahui sebagai penakluk lautan dimasa lampau. Mereka diketahui mempunyai keahlian bertahan disamudra, menghindari badai, ombak serta lihai dalam berburu ikan.

Kampung Panglong
Secara geografis, Kampung Panglong ini berlokasi di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menuju ke kampung ini, pelancong setidaknya semestinya mencapai jarak kurang lebih 50 kilometer dari Tanjung Pinang yang dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam. Lokasi kampung ini juga cukup dekat dari Pelabuhan Tanjung Berakit, cuma sekitar 200 meter saja.

Sebagian tahun baru-baru ini ini, Kampung Panglong dilegalkan sebagai daerah liburan tradisi oleh pemerintah setempat sebab keterkaitan sejarah dengan Kerajaan Riau, serta eksistensi Suku Laut yang beralamat di kampung ini. Daerah tamasya ini rupanya cukup diminati oleh pelancong, tidak cuma lokal melainkan juga mancanegara. Mereka mengaku penasaran dengan kehidupan dari Suku Laut, yang diketahui kapabel bertahan hidup dilautan.

Pesona Kampung Panglong
Sekiranya kau membayangkan akan menemukan panorama alam memikat, hamparan pantai komplit dengan pasir putihnya karenanya lupakanlah kemauan hal yang demikian. Sebab kau tak akan menemukannya di Kampung Panglong ini. Kampung ini memang kelihatan umum saja, sama seperti layaknya pemukiman warga lainnya.

Tapi ditengah pemukiman ini, pelancong akan memandang adanya sebuah bangunan unik yang berbentuk seperti kubah. Bangunan tersebutlah yang dulunya menjadi dapur arang. Kecuali menggantungkan hidup sebagai nelayan, warga Kampung Panglong dulunya berprofesi sebagai pembuat arang. Tempat ini malahan diketahui sebagai penghasil arang terbesar di Pulau Bintan pada sekitar tahun 1920.

Kampung Panglong
Pemerintah bahkan kesudahannya melarang usaha ini, sesudah adanya kebijakan untuk melestarikan pohon bakau yang menjadi bahan utama dalam pembuatan arang. Produksi arang malahan kesudahannya stop dan mati suri, bangunan dapur arang malahan diizinkan dan sekarang masih dapat diamati pada Kampung Panglong. Tercatat, masih ada 3 buah dapur arang yang sudah dipugar tanpa mehilangkan wujud aslinya.

Kecuali Kampung Panglong, yang menarik untuk disimak tentu merupakan sejarah perihal Suku Laut yang sekarang menetap di kampung hal yang demikian. Suku Laut sudah diketahui eksistensinya semenjak berabad-abad lalu, mereka menjalani kehidupan sehari-hari dilautan. Sampan sudah menjadi rumah bagi mereka, setidaknya satu keluarga mempunyai dua sampan dengan ukuran berbeda.

Sampang kecil diterapkan untuk mencari ikan, walaupun sampan yang lebih besar menjadi daerah tinggal sekalian dapur untuk memasak. Suku laut ini cuma menepi ke daratan untuk memasok air bersih, mengkoreksi sampan, serta menghindari badai. Keahlian Suku Laut dalam menangkap ikan telah tidak perlu diragukan lagi.

Konon, dalam masa Kerajaan Riau Suku Laut ini juga mempunyai peran besar dalam menjaga keamanan laut. Kelihaian dalam meramal cuaca, menghindari gelombang ombak, serta bertahan di buasnya lautan menjadi salah satu elemen penting pada masa kejayaan Kesultanan Riau dimasa lalu.

Dulunya, Suku Laut juga diketahui menganut aliran animisme dan tidak mengetahui agama. Mereka percaya terhadap roh-roh, serta mengerjakan ritual-ritual tertentu. Tapi sesudah mereka menetap di Kampung Panglong, sekarang mereka sudah mengetahui agama. Toleransi antar umat beragama juga dapat dinikmati di kampung ini, dengan adanya mesjid dan gereja yang letaknya cuma dipisahkan oleh jalan setapak.

Sekitar 40 tahun lalu, Suku Laut mulai menetap di Kampung Panglong. Pemerintah juga ikut serta memberikan bimbingan terhadap Suku Laut untuk menetap supaya menerima pengajaran, daerah tinggal yang lebih cocok, serta menjamin kesehatan untuk buah hati-si kecil mereka di masa depan. Sekarang warga beberapa besar menjadi nelayan, dan masih mewarisi keahlian nenek moyang dalam mencari ikan.

Fasilitas Kampung Panglong
Fasilitas yang terdapat di Kampung Panglong ini sayangnya masih tergolong minim. Dibutuhkan keseriusan pemerintah setempat, dalam membangun infrastruktur untuk memberikan kenyamanan bagi pelancong. Disini masih belum ditemukan kamar kecil lazim, tetapi pelancong dapat menerapkan kamar kecil milik warga setempat dengan minta izin secara khusus dulu.

Di kampung ini juga sudah dibangun mesjid dan gereja bagi pelancong yang hendak beribadah. Pelancong bahkan tidak perlu kuatir seandainya merasa lapar, sebab disekitar kampung sudah terdapat sebagian pedagang serta penjual makanan. Pengunjung juga dapat mencicipi masakan seafood, berakhir berkunjung ke Kampung Panglong.

Apabila berkeinginan bermalam, pelancong dapat memilih penginapan disekitar Kecamatan Teluk Sebong atau memilih resort-resort menawan yang ada di Gunung Kijang. Berkunjung ke daerah liburan ini, akan memberikan pengalaman menarik bagi para pelancong, berikut sebagian aktivitas yang dapat dijalankan pelancong dikala berada di Kampung Panglong.

Tamasya Adat
Saat berkunjung ke Kampung Panglong ini, kau dapat menyaksikan lantas kegiatan sehari-hari Suku Laut dalam mencari ikan, mempersiapkan sampan, jaring dan lainnya. Kau juga dapat mendengar kisah kehebatan Suku Laut dari sesepuh desa, yang dahulu diketahui sebagai penguasa lautan, dan jeli dalam membaca ramalan cuaca.

Tidak cuma itu, disini kau juga dapat memandang estetika dari dapur arang yang berbentuk seperti kubah. Dapur arang ini mempunyai keunikan tersendiri, yang cakap mengundang kekuatan tarik pelancong. Bersama sesepuh desa, kau akan disebutkan kisah seputar dapur arang ini. Daerah ini seolah menawarkan sisi lain dari Pulau Bintan, yang mungkin bisa menjadi magnet tersendiri bagi beberapa orang.

Hunting Foto
Memfoto juga menjadi kesibukan yang dapat kau lakukan di Kampung Panglong ini. Kau dapat memfoto kegiatan sehari-hari masyarakat setempat, serta keunikan dari dapur arang yang sekarang sudah dilestarikan menjadi web liburan. Kau juga dapat memfoto ditepi pantai, terdapat sebagian obyek menarik yang dapat kau abadikan di daerah ini.

Kecuali itu kau juga dapat mengabadikan sampan-sampan milik nelayan, yang wujudnya tidak jauh berbeda dari sampan yang dahulu diterapkan Suku Laut dalam bertahan ditengah lautan. Kala masyarakat setempat juga masih mengerjakan berjenis-jenis ritual, sebagai wujud melestarikan budaya yang dapat kau abadikan dalam sebuah karya fotografi.

 

baca juga : paket bintan murah

 

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban

Mesjid Eksotis Bernuansa Colorfull

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban, yakni salah satu mesjid megah yang ada di Bintan. Mesjid ini mempunyai arsitektur yang unik, pada eksterior ataupun interiornya. Salah satu keunikannya berlokasi pada ornamen warna-warni, dan juga halaman bernuansa colorfull yang kerap diterapkan sebagai titik selfie.

Bertamasya di Bintan tidak melulu sepatutnya berkunjung ke pantai-pantai, atau resort yang telah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pada tempat yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini, masih mempunyai bermacam daerah liburan mulai dari liburan kebiasaan, tamasya religi, sampai liburan masakan yang cukup menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban.

Berbeda dengan mesjid-mesjid pada biasanya, desain Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban ini terbilang sungguh-sungguh unik. Warna ngejreng akan mendominasi beberapa besar bangunan, apalagi halaman paving yang bernuansa colorfull menjadi energi tarik tersendiri bagi mesjid ini. Kecuali itu, arsitektur bangunan malah tidak keok menawannya untuk dirasakan.

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban
Secara geografis, mesjid ini berlokasi pada Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menuju ke Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban ini, pelancong setidaknya wajib mencapai jarak 80 kilometer jikalau dari Tanjung Pinang. Perjalanan hal yang demikian setidaknya memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menerapkan kendaraan beroda empat atau motor.

Bila pengunjung berasal dari Batam, karenanya dapat mengaplikasikan transportasi laut kapal feri atau speed boat dari Pelabuhan Telaga Punggur. Perjalanan dengan menerapkan speed boat ini jauh lebih pesat, cuma memakan waktu kurang lebih 30 menit saja untuk hingga di Tanjung Uban. Dari Pelabuhan Tanjung Uban, pelancong bahkan tinggal melanjutkan perjalanan sejauh 2 kilometer untuk hingga di mesjid.

Pesona Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban
Mesjid ini dibangun pada lahan seluas 1,6 hektar yang yakni tanah wakaf dari masyarakat setempat. Pembangunannya sendiri diawali pada tahun 2008, dan mesjid mulai diterapkan pada tahun 2012 sedangkan progres pembangunan belum selesai sepenuhnya. Mesjid ini diperkirakan sanggup menampung sampai 3.000 jemaah pada ruang utama, serta 6.000 jemaah dengan halaman mesjid.

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban mengadopsi gaya arsitektur modern yang digabungkan dengan arsitektur tradisional. Bangunan yang mempunyai dua lantai ini, juga menjadi salah satu mesjid terbesar yang ada di Bintan. Estetika arsitekturnya dapat dipandang pada komponen eksterior serta interior mesjid, yang menonjol megah, kokoh dan juga mempunyai skor artistik.

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban
Pada komponen eksterior, mesjid ini dilapisi cat dengan warna yang mencolok sehingga kelihatan eye catching. Nuansa colorfull benar-benar terasa pada sisi luar mesjid, halaman yang sudah dipaving juga berhiaskan dengan warna-warni cat yang menawan. Adanya taman di halaman mesjid, kian memperindah suasana dan menghasilkan nuansa asri.

Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban mempunyai 5 kubah, dengan 1 kubah utama serta 4 kubah kecil yang memutarinya. Kubah ini terbuat dari baja ringan, serta bendung karat. Pada kubah utama mempunyai diameter menempuh 9 meter, yang konon pembuatan kubah ini menelan tarif sampai 600 juta rupiah. Kubah malahan dihiasi ornamen warna-warni yang melambangkan keberagaman suku dan bangsa umat Islam.

Menengok kedalam mesjid, pengunjung dapat menjumpai dua lantai yang lantai dasar bangunan dihasilkan sebagai ruang ibadah utama. Pada komponen mihrab, dapat diperhatikan adanya kaligrafi artikel arab serta ornamen yang terbuat dari ukiran kayu jati. Ornamen hal yang demikian juga menghiasi pada komponen dinding kiblat didalam ruang mihrab. Ruang mihrab mempunyai ketinggian sekitar dua meter, dan juga berhiaskan kaligrafi arab disekitarnya.

Didalam komponen dalam Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban, pengunjung juga akan menemukan adanya sebagian jam antik, yang terdapat disebelah ruang mihrab. Komponen interior juga berhiaskan lampu-lampu indah, yang menambah nuansa megah pada bangunan ini. Terdapat tiang-tiang kokoh yang menopang bangunan ini, serta tak ada sekat didalam ruangan.

Mesjid yang menjadi ikon Bintan Utara, dan pujian masyarakat setempat ini dibangun pada dataran tinggi. Saat berada di mesjid ini, pengunjung juga akan disuguhi dengan panorama sekitar Tanjung Uban yang cantik dari ketinggian. Dari mesjid ini juga tampak pemandangan lautan yang memisahkan Pulau Bintan dan Batam.

Fasilitas Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban
Fasilitas yang terdapat di Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban ini juga tergolong cukup komplit. Pada ruangan utama beribadah, sudah dilengkapi sound system, serta kipas angin demi memberikan kenyamanan kepada para jemaah saat menjalankan ibadah shalat. Kecuali itu, di mesjid ini juga dilengkapi 100 keran air wudhu, dan 12 WC.

Tidak cuma itu, mesjid juga mempunyai ruang sekertariat, sarana untuk melangsungkan pernikahan, ruang pengajaran, ruang imam, TPQ, serta ruang pemulasaran jenazah. Tersedia pula daerah penitipan alas kaki yang sanggup menampung sampai ribuan, serta daerah parkir yang cukup luas dan cakap menampung 750 motor dan 150 kendaraan beroda empat yang dilengkapi dengan sebagian penjaga.

Disekitar mesjid bahkan sudah dibangun taman yang luasnya menempuh 4.000 meter persegi. Taman ini berhiaskan berjenis-jenis ragam tanaman dan bunga sehingga menghasilkan suasana asri dan natural. Kedepannya, mesjid ini juga akan ditambah fasilitas seperti kantin, klinik kesehatan, fasilitas pengobatan cuma-cuma kaum dhuafa, pelayanan kendaraan beroda empat jenazah, serta warung yang menyediakan pakaian muslim dan kebutuhan untuk beribadah.

Berakhir berkunjung ke Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban, pelancong juga dapat berlibur masakan dengan merasakan berjenis-jenis sajian lezat khas Tanjung Uban. Pelancong juga dapat berkunjung ke sekitar pelabuhan, untuk mencicipi masakan olahan seafood seperti kepiting, ikan bakar, udang dan masih banyak lagi.

Jikalau berharap bermalam, terdapat pula hotel dan juga penginapan yang dapat dipilih disekitar Tanjung Uban. Berkunjung ke Mesjid Baitul Makmur Tanjung Uban, dapat menjadi opsi liburan religi yang menarik di Bintan, berikut sebagian aktivitas yang dapat kau lakukan saat berada dimasjid.

Merasakan Estetika Mesjid
Dikala kau berkunjung ke mesjid ini, kau akan disuguhi dengan sebuah mesjid yang menawan serta amat berbeda dengan mesjid-mesjid lain pada biasanya. Sesudah beribadah kau dapat berkeliling merasakan tiap sudut mesjid yang berdiri megah di Tanjung Uban ini. Mulai dari eksterior berornamen warna warni, 5 kubah yang membuktikan rukun Islam, serta halaman bernuasan colorfull yang kelihatan indah.

Tidak cuma itu, kau juga dapat mengamati kedalam mesjid untuk merasakan estetika kaligrafi yang menghiasi bangunan ini. Terdapat pelbagai ukiran dari kayu jati, serta kaligrafi berwarna emas yang menambah estetika mesjid ini. Pada mihrab, dan dinding kiblat juga berhiaskan kaligrafi arab. Didalam mesjid kau dapat menemukan jam antik, serta lampu hias nan unik.

Merasakan Panorama Alam
Tidak cuma estetika Mesjid Baitul Makmur Tanjung Pinang saja yang sanggup menjadi energi tarik pelancong, namun juga pemandangan alam yang dapat disaksikan disekitar mesjid. Mesjid ini memang berdiri diatas dataran tinggi, sehingga pengunjung dapat mengamati hamparan lautan luas, serta panorama Tanjung Uban dari ketinggian.

Kau dapat naik ke lantai dua, dan menuju ke balkon mesjid supaya panorama alam kian menonjol dengan terang. Angin sepoi-sepoi bahkan selalu akan menemanimu ketika berada di mesjid ini. Adanya taman yang dihiasi bermacam-macam bunga dan tanaman hijau, juga menjadi komplemen serta mewujudkan nuansa asri dan natural. Kau dapat merasakan panorama alam disekitar, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Hunting Foto
Bagi kau yang mempunyai hobi fotografi, karenanya mesjid ini dapat menjadi tujuanmu selanjutnya dalam memfoto. Kau dapat mengabadikan estetika arsitektur mesjid, yang terlihat indah serta unik berhiaskan ornamen warna-warni. Bila mau menerima view yang lebih cantik, kau dapat memfoto dengan menerapkan drone dari udara.

Banyak pula pengunjung yang melowongkan diri untuk berselfie berlatarkan estetika mesjid, berakhir menunaikan ibadah shalat. Salah satu titik yang menarik tentu merupakan halaman yang berhiaskan warna warni cat. Titik ini menjadi unggulan pengunjung untuk berfoto selfie, dan tentunya amat unik dan instagramable. Daerah ini layak bagi kau yang menyukai unggah foto di media sosial.

 

baca juga : paket pulau bintan

 

Kijang City Walk Bintan

Tamasya Berkwalitas ke Kijang City Walk Bintan

Menyusurlah ke wilayah Kota Kijang. Dengan jarak tempuh kurang 30 menit dari Tanjungpinang, Kijang dapat jadi wahana berwisata jika telah bosan menjelajah sepanjang wilayah pesisir pantai Trikora di sisi lain Pulau Bintan.

Kijang memang tak punya pantai seindah Pantai Trikora. Tetapi, memang bukan itu tujuannya. Bertamasya ke Kijang yakni sistem lain merayakan akhir minggu yang menggembirakan. Di sini, ada Mesjid Nurul Iman, mesjid terbesar se-Kabupaten Bintan.

Ada juga wilayah pujasera yang menjajakan penganan khas Bintan. Sehadapannya ada kolam bekas tambang yang menyejukkan mata dipadu kerindangan pohon yang berbaris sepanjang tepi.

Bergeser dua pulu meter, ada kebun hewan mini. Jangan dibayangkan kebun hewan di timur Bintan ini punya banyak koleksi hewan yang dapat dipamerkan, sebagaimana kebun hewan Ragunan, Jakarta. Sebab ditilik dari namanya; Mini Zoo, telah dapat dibayangkan bahwa kebun hewan yang buka tiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB ini cuma menyampaikan sebagain kecil fauna yang ada di dunia margasatwa. Namanya juga mini.

Ada kalkun, rusa, iguana, beruang madu, buaya, orang utan, kera, owa jawa, musang, kelinci, kelelawar, ular sanca. Ada juga bermacam-macam tipe burung yang dikandangkan. Mulai dari kakak tua, parkit, perkutut, burung unta, nuri, elang, merak, dan enggang.

Segala koleksi hewan itu dapat dirasakan secara cuma-cuma oleh para pengunjung. Sebab tidak ada tarif masuk yang dikenakan. Tidak pelak, sebab digratiskan, pengunjung dari wilayah Kijang, Tanjunguban, dan Tanjungpinang membludak dan memenuhi kebun hewan ini. Lazimnya, di akhir minggu, Sabtu dan Pekan.

Pengunjung yang datang ke Mini Zoo juga bermacam-macam. Mulai dari si kecil-buah hati, sekeluarga, sampai sepasang kekasih yang melangut akhir minggu di sana. Kesannya beragam-jenis. Bagi kebanyakan buah hati-si kecil, mengunjungi kebun hewan merupakan memperhatikan binatang-binatang yang sebelumnya tidak akrab di mata mereka.

Sementara bagi keluarga-keluarga yang menghabiskan akhir minggu di sana, memiliki kesan bahwa Mini Zoo di Kijang ini daerah yang nyaman untuk usai minggu.

Sesudah puas berkeliling di kebun hewan, jangan keburu pulang. Ideal di seberang jalan, sekarang sudah berdiri pekarangan Kijang City Walk. Dibangun melewati gelontoran dana dari pemerintah sentra, wilayah ruang terbuka hijau ini dilengkapi dengan wahana bermain buah hati-buah hati. Sementara di sisi lain ada sebidang pekarangan luas yang dapat jadi daerah buah hati-si kecil bersepeda.

 

baca juga : paket wisata bintan

 

Pantai Senggiling

Telusuri Estetika Alam yang Masih Perawan. Pantai Senggiling – telah kenalkan Anda dengan liburan alam tepatnya tamasya pantai yang satu ini? Untuk Anda yang sedang tinggal di Jawa mungkin terdengar masih asing menyebut daerah tamasya ini. Tapi kalau Anda tinggalnya di Kepulauan Riau pasti telah menjadi daerah liburan yang awam terdengar dan diburu para wisatawan atau pelancong.

Pesona Pantai Senggiling
Telah terang orang Kepulauan Riau mengenal persis seputar liburan ini sebab memang daerah liburan ini berasal dari sana. Tanah Kepulauan Riau yang beberapa besar areanya terdiri dari lautan dan cuma sekitar 5% adalah daratan menjadi amat dominan ditempati daerah liburan air apalagi pantai itu sendiri.

Apa itu Pantai Senggiling?
Pantai Senggiling yakni daerah liburan yang berada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Jikalau boleh berkata, rupanya pantai ini ialah estetika alam yang masih belum dijamah dan keberadaannya cukup belum banyak dikenal seperti daerah tamasya pada lazimnya.

Pantai ini seandainya diperhatikan menurut garis pantainya, semacam itu betul-betul panjang. Pasir putih yang dimiliki oleh pantai ini demikian itu khas dan semestinya dirasakan. Untuk Anda yang hobi berkunjung ke liburan air seperti pantai ini, pantai Senggiling dapat menjadi acuan baru Anda dalam merasakan suasana ciptaan Ilahi yang seperti itu memikat ini.

Amat sesuai sekiranya Anda menentukan untuk bertamasya kesini apalagi bersama dengan keluarga tercinta atau teman-teman tersayang Anda. Bagi pecinta travelling, tamasya alam memang tak boleh terlewatkan satu malahan.

Seluruh mesti dia pijaki supaya nuansa travellernya hingga ke hati dan menjadi passion tersendiri untuk para traveller hal yang demikian, untuk itu mereka memang perlu mengubek-ubek estetika alam yang ada di semua penjuru nusantara termasuk di Kepulauan Riau ini.

Fasilitas pantai Senggiling
Fasilitas yang disediakan demikian itu bermacam, mulai dari harga yang murah. Pantai Senggiling berdekatan dengan lokasi daerah tamasya terpadu Lagoi. Kecuali itu amat dekat dengan resort sehingga Anda dapat menyewa penginapan disana. Akan ada post penjagaan sehingga Anda dapat melapor saat berkunjung kesana.

Tetapi pos hal yang demikian yakni milik perkebunan perusahaan, itulah kenapa Anda seharusnya bersikap yang sopan dan bagus apabila berkunjung ke Pantai Senggiling.

Pesona Pantai Senggiling
Banyak pesona yang akan Anda temukan dikala berkunjung ke daerah liburan yang satu ini. Pantai menyuguhkan obak yang seperti itu besar dan kuat yang dapat dirasakan pengunjung saat berada di pantai. Lautnya malah benar-benar bening dan tak tercemar sehingga betul-betul menyejukkan. Warna cemerlang dan birunya itulah yang membikin pesona pantai ini demikian itu terasa cantiknya.

Pesona inilah yang membikin pantai ini menjadi daerah unggulan bagi Anda dan keluarga merasakan susanan alam yang asri dan terbebas dari lingkungan kota yang berisik dan dekil.

Huntung Foto di Liburan ini
Telah pasti ketika Anda bertravelling kecuali merasakan tamasya alamnya, Anda akan lantas berburu selfie, berburu foto bersama sahabat-sahabat atau keluarga saat baru hingga disana. Pesona yang diberi pantai ini membikin Anda yang hobi fotografi juga dapat tersalurkan. Tidak cuma yang hobi fotografi, Anda yang hobi berfoto ria malahan dapat tersalurkan di sana.

Merasakan alam sembari hasil fotonya dibagikan terhadap sahabat-sahabat yang lain yang memang belum sempat berkunjung merupakan hal yang menyenangkan dan membikin ketagihan. Itulah banyak sekali orang yang gembira berfoto lantas menguploadnya pada akun media sosial yang mereka miliki sebagai format menampakkan estetika alam yang sudah dia jelajahi.

Kiat Berlibur ke Pantai Senggilis
Ada kiat yang wajib Anda ikuti untuk berkunjung ke liburan yang satu ini:

Anda amat memerlukan tour guide, atau istilah orang tahu dan sebagai penunjuk perjalanan Anda selama pergi ke lokasi pantai.
Menurut medan yang dilewati untuk hingga ke pantai, amat memerlukan motor atau kendaraan roda dua seandainya berkeinginan tiba di lokasi yang menawan ini.
Jalur yang akan Anda lewati ialah perkebunan orang lokal disana atau malahan milik perusahaan, jadi berhati-hatilah dan bersikaplah yang bagus sebagai pendatang baru.

Jangan lupa untuk menyiapkan bekal yang telah dibawa dari rumah.
Amat perlu kehati-hatian Anda dalam merasakan tamasya yang satu ini, sebab tamasya alam yang memang masih jarang dijamah oleh orang karenanya banyak binatang tertentu seperti ular dapat ditemui.

Sebaiknya cukup merasakan dari bibir pantainya saja, tak perlu berenang ya.

Merasakan Estetika Pantai Senggilig
Metode merasakan estetika di pantai ini cukup dengan memburu foto cantik sebanyak-banyaknya. Kalau Anda ingin, Anda dapat adakan camping atau berkemah untuk bersama sahabat-sahabat atau malahan keluarga sendiri.

Jam Buka dan Harga Karcis Masuk Pantai Senggiling
Mengenai jam bukanya tak ada pelegalan jam buka dan tak ada karcis masuk sekiranya berharap berkunjung ke lokasi hal yang demikian. Lokasi pantai ini masih tergolong alami dan jarang diketahui masyarakat luas jadi dalam perawatannya belum sepenuhnya dilegalkan. Melainkan Anda tidak perlu cemas, sebab dengan demikian, Anda dapat merasakan sepuas harapan Anda.

Itulah sedikit cerita seputar liburan alam Pantai Senggiling. Semoga dapat menjadi rujukan baru dalam berwisata dan berlibur.

 

baca juga : paket tour bintan dari batam

 

Pantai Trikora

Pantai Indah Untuk Berwisata Sekalian Berdoa

Pulau Bintan yakni sebuah pulau yang berlokasi di Provinsi kepulauan Riau. Pulau ini yaitu pulau terbesar di Kepulauan Riau dan amat dekat dengan Singapura. Di abad pertama masehi, pulau ini menjadi daerah persinggahan unggulan kapal perdagangan dari Cina dan India. Kecuali berlokasi di lokasi yang strategis, tepatnya di antara Singapura, Johor Baru, dan Malaysia, pulau ini juga kaya akan potensi liburan. Salah satu daerah liburan yang familiar di Pulau Bintan yaitu Pantai Trikora.

Lokasi

Pantai Trikora berlokasi di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, atau sekitar 45 km ke arah timur kota Tanjung Pinang. Pantai ini terbagi menjadi empat komponen, adalah Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4.

Jalan untuk mengakses Pantai Trikora telah cukup bagus, malah dapat dilewati sampai empat lajur kendaraan beroda empat. Untuk hingga di pantai ini, Anda dapat mencapai perjalanan dari Tanjung Pinang hingga dengan perbatasan Kabupaten Bintan. Sayangnya tak ada jalan masuk angkutan biasa yang cakap memandu Anda sampai pantai ini. Oleh sebab itu direkomendasikan bagi Anda untuk menyewa kendaraan beroda empat beserta sopirnya. Atau Anda dapat menyewa sepeda motor dengan tarif kurang lebih 100.000 Rupiah per harinya. Meskipun untuk sewa kendaraan beroda empat sekitar 200.000 hingga 400.000 Rupiah komplit dengan sopir.

Asal-muasal Pantai Trikora

Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat, nama Trikora sendiri diambil dari “three corral”, yang ialah sebutan dari pelancong asing ketika mereka berkunjung ke pantai ini. Padahal berdasarkan sumber lain, nama Trikora diambil dari salah satu sejarah Indonesia Tri Komando Rakyat. Dikala itu pantai ini adalah benteng pertahanan terluar Indonesia dalam sebuah informasi hangat “Ganyang Malaysia”.

Estetika Pantai Trikora
Perjalanan ke pantai ini cukup panjang dan melelahkan, melainkan jangan kecewa dahulu. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, Anda akan disuguhi panorama yang menakjubkan, seperti panorama jajaran perkampungan nelayan, lokasi konservasi lamun dan mangrove, serta resor-resor mewah yang indah.

Setibanya di sana, Anda akan disuguhi oleh panorama pasir putih yang lembut, air laut biru bening, komplit dengan pohon kelapa yang berdansa-nari sebab angin laut. Pantai ini cukup dangkal dengan ombaknya yang tak terlalu besar, sehingga Anda dan si kecil-buah hati dapat melaksanakan aktivitas berenang. Walaupun demikian, Anda konsisten sepatutnya hati-hati sebab saat air pasang, arus air dapat menjadi cukup kuat.

Terdapat banyak pohon-pohon yang bejajar di sisi pantai untuk daerah berteduh. Kecuali kelapa, macam pohon yang tumbuh di sini yakni bakau, yang juga dapat menjadi pelindung dari sengatan sang surya. Anda dapat berjalan-jalan menelusuri garis pantai sambil merasakan sepoi angin atau mencoba terbaring di pasir pantai yang hangat. Kecuali itu, Anda dapat merasakan estetika bawah laut di pantai ini dengan mencoba kesibukan snorkeling.

Salah satu hal menarik yang bisa Anda peroleh di sini merupakan kelong. Kelong sendiri ialah jebakan ikan yang terbuat dari kayu dan dipakai oleh nelayan untuk memasang jaring ikan di tengah laut. Kelong disangga oleh drum-drum plastik supaya bisa mengapung di permukaan laut. Cara panangkapan ikan ini digemari nelayan di Pantai Trikora sebab gampang untuk dipindahkan cocok harapan.

Di seberang Pantai Trikora, Anda dapat menemukan Gua Santa Maria. Gua ini dibangun oleh para pengungsi Vietnam yang sedang melindungi diri selama masa peperangan. Di sekitar Gua Santa Maria ditumbuhi pohon-pohon besar dengan deadunan rindang yang menggantung di mulut gua dan membuatnya menonjol kian menawan. Di sekitar gua juga tumbuh bunga bougenvil yang menawan. Di dekat gua ini terdapat gereja bagi Anda yang mau malakukan doa dengan khusuk.

Masakan
Sesudah puas menjelajah Pantai Trikora, jangan lupa untuk singgah di wilayah Sungai Enam. Daerah ini ialah lokasi masakan unggulan para pelancong sesudah berkunjung ke pantai. Bagi Anda penggemar seafood bisa mencoba masakan berbahan gonggong khas dari Sungai Enam. Gonggong yakni binatang semacam siput yang mempunyai ras mirip cumi-cumi dengan ukuran lebih besar dari siput lainnya. Seperti penyajian kerang, lazimnya gonggong di rebus kemudian dirasakan bersama saos pedas kacang.

Makanan yang patut Anda coba kecuali seafood di sini yaitu otak-otak ikan. Pulau Bintan tenar dengan makanan khas otak-otak ikannya. Otak-otak ikan di sini berbeda dengan otak-otak ikan lainnya. Dengan format seperti pepes, otak-otak ikan ini berisi ikan tenggiri yang digiling amat lembut. Tentu rasanya lezat sekali bila dirasakan dengan nasi panas.

 

baca juga : paket tour batam bintan singapore

 

Pantai Lagoi

Eksotisme Pantai dan Deretan Resort Mewah di Bintan

Pantai Lagoi ialah pantai paling populer yang ada di Bintan. Pantai ini mempunyai panorama yang mengagumkan, serta menjadi tujuan pelancong dari luar negeri dan dalam negeri. Terdapat resort-resort mewah disekitarnya, yang juga ikut mengelola beberapa pantai ini.

Telah tidak perlu diragukan lagi, Bintan menjadi salah satu destinasi bertamasya yang tidak cuma dikunjungi oleh pelancong lokal namun juga wisatawan dari bermacam belahan dunia. Pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau ini, menawarkan pelbagai pesona pantai yang eksotis, nyaman serta resort-resort mewah yang berada disekitarnya. Pantai Lagoi ialah salah satunya.

Pantai Lagoi yakni obyek liburan andalan di Pulau Bintan, yang tenar mempunyai pasir putih nan luas serta terjaga kebersihannya. Tidak heran seandainya pantai ini senantiasa kapabel menarik pelancong untuk berkunjung tiap-tiap tahunnya. Estetika pantai ini malahan diakui Internasional, dan paralel dengan pantai-pantai yang ada di Bali, dan Lombok.

Pantai Lagoi
Secara geografis, Pantai Lagoi berlokasi di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke pantai ini, pelancong setidaknya patut mencapai jarak sekitar 65 kilometer dari Tanjung Pinang. Perjalanan hal yang demikian diperkirakan memakan waktu selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

Tapi kalau pengunjung datang dari Batam, karenanya dapat memakai speed boat atau kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Bintan. Setibanya di Pelabuhan Tanjung Uban, perjalanan menuju Pantai Lagoi kurang lebih memakan waktu 40 menit saja. Pelancong dapat memakai kendaraan pribadi seperti kendaraan beroda empat, bagus itu dari Tanjung Pinang ataupun Tanjung Uban. Tetapi tak ada transportasi lazim yang melayani rute hal yang demikian, pelancong dapat menyewa kendaraan beroda empat rental seandainya tak membawa kendaraan pribadi.

Pesona Pantai Lagoi
Ketika tiba di Pantai Lagoi pelancong akan dimanjakan dengan pantai yang bersih, menawan, dengan hamparan pasir putih memrentang luas disepanjang mata mengamati. Disekitar pantai, bisa ditemui adanya pohon-pohon kelapa yang melambung tinggi, menambah nuansa eksotis pantai. Semilir angin yang seolah tiada hentinya bertiup, akan selalu mengantar pelancong saat berada di pantai.

Sebetulnya tidak seluruh pantai yang berlokasi dikawasan Lagoi ini dapat dikunjungi oleh pelancong. Ada sebagian pantai yang dikelola secara eksklusif oleh hotel dan resort, sehingga sekiranya berharap merasakan pantai bahkan pengunjung secara khusus dulu mesti menginap di resort hal yang demikian. Tersebut betul-betul disayangkan, beberapa besar resort di pantai ini dikelola pemodal asing.

Pantai Lagoi
Pantai Lagoi memang menjadi salah satu destinasi liburan bagi turis mancanegara, dan juga negara tetangga seperti Singapura, dan Malaysia. Jarak dari Singapura ke pantai ini malahan cukup dekat, ialah cuma sekitar 45 kilometer saja. Tidak aneh kalau warga Singapura banyak yang menghabiskan waktu bertamasya di pantai ini. Malahan berdasarkan informasi yang bertiup, mata uang yang diterapkan disekitar Lagoi ini bukan Rupiah namun Dollar Singapura.

Walaupun demikian, pelancong masih konsisten dapat merasakan estetika pantai ini dengan berkunjung ke Lagoi Bay. Lagoi Bay masih ialah wilayah dari Pantai Lagoi, bedanya daerah ini tidak dikelola secara eksklusif sehingga pelancong dapat dengan bebas berkunjung. Wisatawan dapat sepuasnya merasakan hamparan lautan membiru, dengan ombak yang cukup berteman.

Di Pantai Lagoi ini pelancong dapat menjalankan berjenis-jenis kesibukan seperti berenang, memancing, berjemur diterik sang surya, bermain ombak, serta merasakan estetika alam bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Pesona bawah laut yang ditawarkan bahkan cukup luar biasa, terdapat aneka terumbu karang yang indah, serta ikan warna-warni berenang dibalik terumbu karang.

Di sekitar Pantai Lagoi juga dibangun sebuah taman yang tersusun rapi, serta berhiaskan aneka tamanan hijau yang menjadikan nuansa asri dan natural. Taman ini dilengkapi beragam fasilitas yang cukup komplit, seperti payung warna-warni, serta pondok yang dapat dipakai untuk beristirahat. Di taman ini, pelancong akan menikmati sensasi berwisata diresort mewah, yang dapat dirasakan secara cuma-cuma.

Fasilitas Pantai Lagoi
Pantai Lagoi yakni wilayah liburan elit, yang tersusun dengan apik, professional dan disupport dengan bermacam fasilitas yang amat komplit. Meski beberapa besar fasilitas ini dimiliki oleh resort-resort mewah, tetapi ada juga fasilitas lazim yang dapat dirasakan oleh pelancong. Pada pantai ini terdapat fasilitas seperti kamar mandi biasa, daerah parkir yang luas, taman, dan juga mesjid untuk beribadah.

Disekitar pantai terdapat pula Minimarket, kios swalayan, mesin ATM, Plaza Lagoi, dan juga beraneka kios souvenir. Sesudah berkunjung merasakan pantai, pelancong dapat berbelanja mencari pernak-pernik untuk oleh-oleh di beragam kios dan plaza hal yang demikian. Kecuali itu, terdapat banyak sekali kafe, café, dan rumah makan yang menawarkan masakan lezat. Salah satu masakan khas Bintan yang mesti dicoba yakni otak-otak dan sate gonggong.

Tidak cuma itu, di Pantai Lagoi pelancong dapat menemukan persewaan alat pancing, alat snorkeling dan juga alat untuk diving. Pelancong juga dapat menuju kolam renang terluas di Asia Tenggara yang tidak jauh dari pantai, bernama Treasure Bay Bintan. Pada wilayah hal yang demikian juga terdapat danau buatan yang betul-betul menawan.

Bagi pelancong yang hobi bermain golf, terdapat pula lapangan golf yang menawarkan beraneka fasilitas mewah serta berada ideal dipinggir pantai. Letaknya malah cukup dekat, tentunya kau mesti merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat bermain golf di daerah hal yang demikian.

Seandainya berkeinginan menginap, pelancong dapat memilih hotel dan resort-resort yang tersebar disekitar Pantai Lagoi. Mulai dari hotel berharga murah, sampai bintang lima dapat menjadi opsi pelancong untuk bermalam. Resort-resort mewah malahan dilengkapi dengan fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung.

Menghabiskan waktu bertamasya di pantai ini, dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan. Berikut sebagian aktivitas yang dapat kau lakukan saat berada di Pantai Lagoi.

Merasakan Estetika Pantai
Disaat kau berkunjung ke Pantai Lagoi ini, akan tersaji sebuah pantai eksotis dengan hamparan pasir putih nan luas. Kau dapat merasakan pantai ini dengan berenang, bermain air, berkejaran dengan ombak, atau sekadar bersantai ditepi pantai untuk memandang panorama yang demikian itu menawan.

Kecuali itu, bagi kau yang hobi snorkeling atau diving kau malahan dapat merasakan estetika alam bawah laut yang dimiliki Pantai Lagoi. Jikalau kau tidak membawa alat-alat snorkeling, kau dapat menyewanya disekitar pantai. Di pantai ini terdapat sebagian titik menarik, yang mempunyai aneka biota laut menawan seperti terumbu karang dan aneka macam ikan hias. Daerah ini juga amat sesuai bagi kau yang berharap refreshing.

Berkunjung ke Hutan Mangrove
Berakhir merasakan estetika Pantai Lagoi, tidak komplit jikalau kau belum berkunjung ke hutan mangrove yang ada di Sungai Sebong. Dengan menyewa boat, kau akan dibawa menelusuri estetika Sungai Sebong yang mempunyai pohon mangrove disamping kiri dan kanannya. Sungai ini betul-betul eksotis, menawarkan estetika alam yang masih natural serta jernihnya air.

Kau akan menelusuri sungai sepanjang 6,8 kilometer. Tidak jarang kau akan menjumpai bermacam-macam fauna liar, seperti kera yang bergelantungan, ular maupun kepiting bakau. Daerah ini betul-betul menarik sebagai destinasi liburan, kecuali aneka fauna yang akan kau lihat, kau juga dapat merasakan udara segar yang masih bebas dari polusi.

Memancing di Sungai Sebong
Bagi kau yang hobi memancing, Sungai Sebong juga menawarkan aneka tipe ikan yang siap untuk kau tangkap. Seandainya nelayan setempat sedang tidak berangkat berlayar, karenanya kau dapat menyewa perahu mereka untuk memancing di sungai ini. Kecuali itu, kau juga dapat memancing dipondok-pondok simpel yang sudah disediakan untuk pengunjung.

Berkunjung ke Treasure Bay
Sesudah puas bermain di Pantai Lagoi, jangan lupa untuk mampir ke Treasure Bay. Letaknya malahan benar-benar dekat, cuma sekitar 10 menit saja dengan mengaplikasikan kendaraan beroda empat. Di Treasure Bay ini, kau akan menemukan sebuah kolam renang raksasa dengan aneka wahana permainan yang mengasyikan dan menantang. Konon kolam renang ini yaitu yang terluas di Asia Tenggara.

Di Treasure Bay ini kau akan dimanjakan dengan beraneka wahana permainan seperti bumper boat, jetovator, sea scooter, kayak, aquaglide dan masih banyak lagi. Daerah ini juga dilengkapi dengan berjenis-jenis fasilitas super mewah seperti resort, dan resto. Kecuali itu, terdapat juga wahana water sport yang sesuai untuk mengasah adrenalin.

Hunting Foto
Dikala berada di wilayah tamasya ini, rasanya tidak komplit seandainya tidak mengabadikan estetika alam dengan memfoto. Apabila kau mempunyai hobi fotografi, di Pantai Lagoi terdapat banyak sekali obyek yang dapat kau bidik dengan kamera. Kecuali itu, kau juga dapat memfoto di Sungai Sebong, yang menawarkan pesona natural hutan mangrove.

Di Pantai Lagoi terdapat taman buatan yang juga menawarkan titik-titik hunting foto cantik. Disini kau dapat berselfie ria bersama sahabat-sahabat dan keluarga. Taman ini sungguh-sungguh instagramable, jadi sungguh-sungguh ideal bagi kau yang hobi memajang foto di sosial media. Pantai Lagoi juga ialah opsi menarik, bagi kau yang hendak mengerjakan sesi foto prewedding.

Harga Karcis Masuk Pantai Lagoi
Untuk berkunjung ke Pantai Lagoi ini, terdapat sisi pantai yang tak dipungut tarif alias tidak dipungut bayaran ialah di Lagoi Bay. Walaupun terdapat sebagian komponen pantai yang dikelola oleh resort, sehingga pelancong seharusnya menginap lebih-lebih dulu di resort hal yang demikian. Meskipun untuk menjelang Treasure Bay, tiap-tiap orang seharusnya membayar Rp. 100.000 belum termasuk tarif untuk bermain wahana air.

 

baca juga : paket liburan di bintan

 

Pantai Pengudang, Teluk Sebong, Bintan

Konsisten jaga kebersihan daerah yang kau kunjungi ya.

Provinsi Kepulauan Riau memiliki desa yang bernama Pengudang yang berlokasi di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Terdapat pantai yang bernama Pantai Batu Junjung (dinamakan hal yang demikian sebab memiliki batu yang berukuran besar dan salah satu dari batu hal yang demikian ada yang berbentuk unik). Perahu Nelayan Pengudang, obyek foto dari sudah kami abadikan.

Nelayan yaitu salah satu pekerjaan yang memiliki aktifitas penangkapan ikan dan juga merangkap budidaya hewan air atau tanaman air.

Dengan tingkat pendapatan harian, dan juga tak pasti, lalu juga bertumpu pada musim tertentu. Karenanya hakekatnya pekerjaan sebagai nelayan acap kali kali tak bisa mencukupi keperluan sehari-hari dari nelayan.

Kebersihan ialah salah satu komponen dari iman, karenanya dari itu kita sebagai insan manusia seharusnya menjaga kebersihan dan juga merawat dari daerah tamasya yang masih asri dan semoga dapat kita titipkan kembali dalam format utuh ke cucu-cucu kita, aamiin.

 

baca juga : paket wisata di bintan

 

Pulau Beralas Pasir White Sands Island

Surga Tropis Laut Cina Selatan

Banyak traveler selama ini terlalu konsentrasi menjelajahi estetika pulau tropis Indonesia di sebelah timur sampai tak sadar kalau di ujung barat negeri ini tersimpan surga tropis tersembunyi bernama Pulau Beralas Pasir. Inilah salah satu pulau yang dijuluki sebagai Surga Tropis Laut China Selatan.

Pulau Beralas Pasir, masih asing dengan nama pulau ini? Bagaimana dengan Lagoi Bay atau Pulau Bintan? Nah mungkin kalian pernah dengar tuh nama Pulau Bintan sedangkan belum pernah menapakkan kaki di sana. Memangnya apa sih yang spesial dari pulau ini.

Pulau Beralas Pasir itu ialah satu dari sekitar 3 ribu pulau besar dan kecil yang ada di wilayah Pulau Bintan. Pulau Bintan sendiri merupakan pulau terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat ibukota provinsi adalah Tanjungpinang. Yang menjadi konsentrasi kita merupakan potensi tamasya yang dimiliki pulau ini.

Mungkin belum banyak yang tahu apabila Pulau Bintan merupakan surganya berwisata bagi traveler asing salah satunya yaitu traveler asal Singapura karena lokasi pulau ini amat dekat dengan negara hal yang demikian, cuma butuh penyeberangan selama kurang dari satu jam. Di sisi timur Pulau Bintan inilah Pulau Beralas Pasir berada.

Pulaunya kecil dan tak berpenghuni. Cuma ada sebagian orang petugas saja yang berjaga dan merawat pulau. Untuk hingga di sana traveler wajib menyeberang dari pelabuhan Teluk Bakau yang memakan waktu sekitar 20 menit. Kebanyakan traveler yang berkunjung ke pulau ini merupakan para tetamu dari resor-resor mewah yang ada di sekitaran Kawal, Teluk Bakau dan Trikora.

Kesibukan di pulau ini tak jauh-jauh dari kesibukan air secara khusus snorkeling. Perairan di sekitar Pulau Beralas Pasir ini memang diketahui benar-benar bening dengan karang-karang yang terawat dengan bagus. Titik snorkeling umumnya dijalankan di sekitar perairan dangkal pulau ini atau di dekat Pulau Nikoi yang lokasinya tak jauh dari Pulau Beralas Pasir.

Kecuali itu, terjaganya ekosistem perairan laut di sekitar pulau ini membuatnya dihuni banyak spesies ikan. Dengan demikian itu pulau ini juga amat pantas diaplikasikan sebagai titik memancing. Melainkan bagi yang tak berani snorkeling dapat juga mendarat ke pantainya dan menjalankan aktivitas seperti voli pantai atau sekadar bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai.

Jalanan ke Pulau Beralas Pasir cuma dikhususkan untuk kesibukan liburan. Jadi satu-satunya metode untuk datang ke pulau ini merupakan bergabung dengan paket tamasya yang ditawarkan oleh agen liburan dari resort atau agen tur lokal.

 

baca juga : paket wisata ke bintan

 

paket bintan,

paket bintan 3d2n,

paket bintan lagoon,

paket bintan agro resort,

paket bintan agro beach resort,

paket bintang,

paket bintan agro,

paket bintan resort,

paket bintan murah,

paket wisata bintan,

paket tour bintan lagoon resort,

paket pulau bintan,

paket pulau bintang,

paket honeymoon bintan,

paket umroh bintang 5,

paket golf bintan,

paket umroh bintang 5 2015,

paket wisata bintan lagoi,

paket tour bintan agro,

paket batam bintan,

paket wisata bintan batam,

paket golf bintan batam,

paket tour bintan batam,

paket treasure bay bintan,

paket tour batam bintan singapore,

paket wisata treasure bay bintan,

paket tour treasure bay bintan,

paket tour bintan dari batam,

paket tour pulau bintan dari medan,

paket honeymoon di bintan,

paket golf di bintan,

paket tour di bintan,

paket snorkeling di bintan,

paket tour pulau bintan dari batam,

paket wisata pulau bintan dari batam,

paket wisata di bintan,

paket liburan di bintan,

paket snorkling di bintan,

paket tour pulau bintan dari jambi,

paket bulan madu di bintan,

paket wisata golf bintan,

paket tour golf bintan,

bintang iklan im3 paket ketupat,

paket umroh hotel bintang 5,

paket umroh bintang 5 2016,

paket wedding hotel bintang 5 jakarta,

paket pernikahan hotel bintang 3 jakarta,

paket umroh murah bintang 5,

paket umroh bintang 4,

paket pernikahan di bintang laguna cilegon,

paket umroh hotel bintang 3,

paket honeymoon bintan lagoon resort,

paket hotel bintan,

paket tour bintan island,

paket ke bintan,

paket liburan ke bintan,

paket wisata ke bintan,

paket honeymoon ke bintan,

paket tour ke bintan agro,

paket bulan madu ke bintan,

paket liburan murah ke bintan,

paket liburan bintan,

paket tour bintan lagoi,

paket bulan madu bintan,

paket liburan murah bintan,

paket honeymoon pulau bintan,

paket liburan pulau bintan,

paket wisata pulau bintan 2016,

paket ke pulau bintan,

paket tur pulau bintan,

paket tour pulau bintan riau,

paket wisata murah pulau bintan,

paket travel ke pulau bintan,

paket murah ke pulau bintan,

paket tour di pulau bintan,

paket wisata batam pulau bintan,

paket perjalanan ke pulau bintan,

paket pulau bintan riau,

paket wisata bintan resort,

paket wisata pulau bintan riau,

paket golf ria bintan,

paket tour ke bintan resort,

paket tour bintan resort,

paket snorkeling bintan,

paket tour bintan,

paket tour bintan 2018,

paket tour bintan 2016,

harga paket tour bintan,

wisata pulau bintan paket tour,

paket wisata bintan 2014,

paket wisata bintan 2015,

harga paket wisata bintan,

paket tour wisata bintan,

tour bintan,

tour bintan lagoi,

tour bintan 2017,

tour bintan island,

tour bintan 1 hari,

tour bintan 3 hari,

tour bintan 2018,

tour bintan 2015,

tour bintan 2016,

tour bintan resort,

bintan tour package,

bintan tour packages,

bintan tour package 2d1n,

bintan tour package 3d2n,

bintang tour,

bintan tour package from singapore,

bintan tour packages from singapore,

bintan tour from singapore,

bintang tour and travel,

bintan tour guide,

bintan tour travel,

bintan tour and travel,

bintan tour and spa,

indo bintan tour and travel,

bintan agro tour,

bintan tour agency singapore,

bintan tour agency,

bintan tour attractions,

bintan tour agent singapore,

bintan adventure tour,

air tour bintan,

tour batam bintan,

tour be bintan,

bintan batam tour package,

bintan tour blog,

bintan bike tour,

brc tours bintan,

tour bintan cycling race,

tour of bintan cycling,

bintan city tour,

tour de bintan cat 3,

tour de bintan coupon code,

tour de bintan cut off time,

bintan city tour blog,

bintan city tour review,

bintan cheap tour package,

tour de bintan,

tour de bintan 2015,

tour de bintan 2016,

tour de bintan results,

tour de bintan route,

tour de bintan 2014 results,

tour de bintan gran fondo,

tour de bintan photos,

tour de bintan facebook,

tour de bintan 2015 registration,

tour de bintan 2014 photos,

tour di bintan,

tour de bintan 2014 result,

tour de bintan 2013,

tour d bintan,

tour de bintan 2016 route,

tour de bintan result,

tour de bintan 2013 results,

tour de bintan stage 1,

tour ke bintan dari batam,

tour de bintan elevation,

bintan elephant tour,

bintan eco tour,

package tour for bintan,

bintan fireflies tour,

tour agency for bintan,

bintan tour packages from india,

bintan firefly tour,

day tour to bintan from singapore,

bintan tour package 3d2n from singapore,

bintan fishing tour,

bintan family tour,

bintan golf tour package,

bintan golf tour,

bintang tour gunung sahari,

bintan group tour,

grand bintang tour,

gedung bintang tour,

inti bintang tour,

bintang cycling tour bali,

bintang wisata tour travel makassar,

bintang selatan tour semarang,

bintang mandiri raya tour travel,

bintang sembilan tour,

bintang 9 tour,

bintang wisata tour,

bintang cycling tour,

tour de bintan haze,

bintan heritage tour,

tour in bintan,

bintan tour itinerary,

package tour bintan island,

mangrove tour bintan island,

day tour in bintan,

mangrove tour in bintan,

tour guide in bintan,

tour packages in bintan,

city tour in bintan,

bintan island tour,

package tour in bintan,

cycling tour in bintan,

one day tour in bintan,

1 day tour in bintan,

day tour bintan island,

day tour bintan indonesia,

firefly tour in bintan,

local tour in bintan,

tour de bintan jersey,

tour ke bintan,

tour murah ke bintan,

tour batam ke bintan,

tour and travel ke bintan,

tour ke lagoi bintan,

bintan lagoon tour package from singapore,

bintan lagoon tour package,

bintan local tour,

bintan land tour package,

tour de bintan start list,

tour bintan murah,

bintan tour medan,

mangrove tour bintan,

bintan tour map,

bintan mangrove tour review,

mangroven tour bintan,

tour of bintan,

tour of bintan 2015,

tour of bintan 2016,

tour of bintan 2018,

tour of bintan results,

tour of bintan 2018 results,

bintan tour operators,

tour pulau bintan,

bintan tour package 2015,

tour pekanbaru bintan,

bintan tour promotion,

bintan tour paket,

tour de bintan photos 2014,

tour murah pulau bintan,

tour de bintan results 2014,

tour de bintan results 2013,

bintan tour review,

tour de bintan results 2016,

tour de bintan route profile,

tour de bintan registration,

tour de bintan 2015 route,

bintan resort tour packages,

bintan tour singapore,

package tour bintan singapore,

bintan tour packages singapore,

bintan snorkeling tour,

bintan tour sg,

tour de bintan schedule,

day tour singapore bintan island,

bintan tour package sg,

tour the bintan,

tour to bintan from singapore,

tour the bintan 2016,

tour the bintan 2018,

tour the bintan 2015,

package tour to bintan island,

package tour to bintan from singapore,

tour packages to bintan from singapore,

tour package to bintan,

tour packages to bintan,

global bintan tour & travel,

rute tour the bintan 2016,

day tour to bintan,

one day tour to bintan,

1 day tour to bintan,

bintan tour tripadvisor,

tour de bintan training,

group tour to bintan,

travel bintan,

travel bintan lagoi,

bintan travel agent,

travel around bintan,

bintan travel agency,

bintan travel agency singapore,

bintan travel adaptor,

bintan travel agents in singapore,

bintan travel advisor,

bintan travel advisory,

bintan travel advice,

bintan travel alone,

bintan travel agents sg,

asia travel angsana bintan,

misa travel angsana bintan,

club med bintan travel agent,

asia travel bintan package,

asia travel bintan lagoon resort,

asia travel bintan clubmed,

bintan travel blog,

bintan travel blog 2018,

travel batam bintan,

bintan travel blog 2015,

pulau bintan travel blog,

bintan budget travel,

travel from bintan to bali,

safra travel club bintan,

ctc travel bintan,

travel di bintan,

travel agent di bintan,

bintan travel deals,

bintan travel deals singapore,

travel from bintan to batam,

bintan travel from singapore,

travel agent for bintan,

bintan travel forum,

asia travel bintan ferry,

travel packages to bintan from singapore,

travel agency for bintan in singapore,

travel deals to bintan from singapore,

travel time from bintan to singapore,

travel tips for bintan,

travel deals for bintan,

bintan ferry travel time,

how to travel from bintan to tanjung pinang,

travel bintan island,

travel bintan island indonesia,

travel in bintan,

travel guide bintan island,

travel agent in bintan island,

bintan travel information,

bintan travel insurance,

bintan travel itinerary,

travel to bintan island from singapore,

travel warnings bintan island,

travel package to bintan island,

bintan island travel blog,

bintan indonesia travel guide,

bintan island travel forum,

bintan island travel tips,

bintan indonesia travel blog,

ja travel bintan, travel ke bintan,

paket travel ke bintan,

biaya travel ke bintan,

travel murah ke bintan,

lokopoko travel bintan,

bintan travel medan,

bintan travel map,

misa travel bintan,

misa travel bintan package,

pt.indobintan tours & travel - bintan office 1,

bintan travel package, travel pulau bintan,

travel di pulau bintan,

travel agent pulau bintan,

travel agent di pulau bintan,

paket travel bintan,

bintan travel packages,

bintan travel package 3d2n,

bintan travel promotion,

travel tips pulau bintan,

bintan package travel agency,

bintan travel review,

bintan resorts travel guide,

travel singapore bintan,

ja travel singapore bintan,

bintan travel package singapore,

bintan travel agent singapore,

travel to bintan,

travel to bintan from singapore,

travel to bintan island,

travel to bintan blog,

travel tour bintan,

travel package to bintan,

bintan tours & travel,

bintan travel tips,

travel deals to bintan,

travel insurance to bintan,

travel agency to bintan in singapore,

travel agency to bintan,

travel alone to bintan,

budget travel to bintan,

bintan union travel,

vinosa travel bintan,

wikitravel bintan,

bintan travel warning,

trip bintan,

bintan trip blog,

tripadvisor bintan,

bintan trip from singapore,

bintan trip package,

bintan trip itinerary,

bintan trip advisor hotels,

trip advisor bintan island,

trip pulau bintan,

trip ke bintan,

trip to bintan island,

tripadvisor bintan lagoon resort,

trip pulau bintang,

fishing trip bintan,

club med bintan tripadvisor,

trip advisor bintan banyan tree,

trip advisor bintan resort,

tripadvisor hotel bintan,

trip advisor bintang kuta,

tripadvisor club med bintan,

angsana bintan trip advisor,

trip advisor bintan hotels,

club med bintan island tripadvisor,

trip advisor angsana bintan,

banyantree bintan trip advisor,

bintan trip advisor forum,

pulau bintan tripadvisor,

tripadvisor sanchaya bintan,

swiss belhotel bintan tripadvisor,

tripadvisor canopi bintan,

bintan trip blog 2015,

bintan trip blog 2018,

tripadvisor banyan bintan,

bintan trip from singapore blog,

bintan budget trip,

bintan boat trip,

bintan trip cost,

bintan cycling trip,

bintan trip deals,

bintan day trip,

bintan day trip from singapore,

bintan day trip package,

bintan day trip beach,

day trip bintan island,

bintan day trip spa,

bintan diving tripadvisor,

bintan day trip golf,

bintan dive trip,

bintan fishing trip,

bintan trip forum,

day trip bintan from singapore,

bintan family trip, bintan ferry trip,

bintan trip groupon,

bintan golf trip,

gathering trip bintan,

fishing trip in bintan,

one day trip in bintan,

trip advisor hotels in bintan,

day trip in bintan,

day trip to bintan island from singapore,

bintan indonesia trip,

bintan island trip from singapore,

bintan indonesia tripadvisor,

bintan lagoon trip,

bintan lagoon trip blog,

mangrove trip bintan,

open trip bintan,

trip ke pulau bintan,

open trip pulau bintan,

bintan trip package singapore,

bintan trip promotion,

bintan trip review,

bintan trip singapore,

bintan short trip,

day trip bintan spa,

day trip singapore bintan,

bintan spa trip,

bintan solo trip,

trip to bintan,

trip to bintan from singapore,

trip to bintan blog,

trip to bintan package,

short trip to bintan,

2d1n trip to bintan,

one day trip to bintan,

trip advisor banyan tree bintan,

day trip to bintan,

day trip to bintan from singapore,

day trip to bintan spa,

day trip to bintan island,

solo trip to bintan,

ferry trip to bintan,

plan trip to bintan,

family trip to bintan,

budget trip to bintan,

golf trip to bintan,

short day trip to bintan,

bintan weekend trip,

bintan trip blog 2017,

bintan itinerary blog,

bintan holiday blog,

bintan lagoon resort trip blog,

wisata bintan,

wisata bintan lagoi,

wisata lintang sewu,

wisata binatang bogor,

wisata bintan 2017,

wisata bintan tanjung pinang,

wisata bintan riau,

wisata bintan resort,

wisata bintan lagoon resort,

wisata alam bintan,

bintan agro wisata permai,

bintan agro wisata,

wisata bintan batam,

wisata bahari bintan,

wisata pulau bintan batam,

wisata treasure bay bintan,

wisata ke treasure bay bintan,

wisata di bintan,

wisata di bintan kepri,

wisata di bintan kepri sumatera,

tempat wisata di bintan island,

wisata kuliner di bintan,

wisata batam dan bintan,

objek wisata daerah bintan dan karimun,

objek wisata daerah bintan,

destinasi wisata di bintan,

tempat wisata di bintan lagoi,

objek wisata di bintan karimun,

wisata mangrove di bintan,

wisata baru di bintan,

lokasi wisata di bintan,

tempat wisata di bintan kepulauan riau,

tempat wisata di bintan tanjung pinang,

wisata terbaik di bintan,

wisata murah di bintan,

daerah wisata di bintan,

tempat wisata gunung bintan,

wisata bintan island,

wisata bintan kepulauan riau,

wisata kuliner bintan, wisata ke bintan,

wisata kota bintan,

wisata kabupaten bintan,

wisata kuliner bintan resorts,

objek wisata bintan karimun,

wisata pulau bintan kepri,

wisata murah ke bintan,

objek wisata kabupaten bintan,

wisata di kabupaten bintan,

obyek wisata kabupaten bintan kepulauan riau,

tempat wisata kepulauan bintan,

objek wisata kepulauan bintan,

tempat wisata kabupaten bintan,

wisata kunang kunang bintan,

objek wisata kota bintan,

wisata pulau bintan lagoi,

taman wisata bintan leisure park,

wisata di lagoi bintan,

lokasi wisata bintan,

wisata ke bintan lagoon resort,

wisata mangrove bintan,

wisata murah bintan,

objek wisata bintan,

wisata pulau bintan,

wisata pulau bintan riau,

wisata pulau bintan travel,

wisata p bintan,

wisata pulau bintan murah,

objek wisata pulau bintan,

biaya wisata pulau bintan,

objek wisata pulau bintan riau,

wisata mangrove pulau bintan,

wisata alam pulau bintan,

lokasi wisata pulau bintan,

tujuan wisata pulau bintan,

wisata pantai pulau bintan,

wisata kuliner pulau bintan,

pondok wisata susy bintan,

wisata pantai trikora bintan,

tempat wisata bintan,

tujuan wisata bintan,






0 Comments